Tuesday 9 November 2010

Maria von Trapp Kembali ke Rumah "Sound of Music"

Masih ingatkah Anda dengan film abadi "Sound of Music" ? Jika demikian, pasti ingat betapa memikatnya tingkah laku anak-anak Baron von Trapp. Salah satu dari anak-anak perempuannya, bernama Maria, putri sulung kedua. Kini Maria telah berusia 94 tahun, dan tinggal di Amerika Serikat. Baru-baru ini, Maria kembali ke Salzburg, untuk menghadiri peresmian rumah keluarga von Trapp menjadi hotel. Kembali ke rumah keluarga von Trapp ini, membuka kembali kenangan-kenangan Maria semasa kecil bersama ayahnya, ibu kandungnya, ibu tirinya: Maria Kutschera, serta saudara-saudaranya. "Semua suka-duka kehidupan kami sekeluarga ada di sini, di rumah ini" kata Maria. "Terutama di tangga rumah, di mana kami sering meluncur di rel pegangan tangga ini", tambahnya sambil menunjuk ke tangga yang dimaksud.

Maria tersenyum ketika mengenang tempat-tempat dia dan keenam saudaranya bermain, dan menghabiskan waktu malam tidur di hammock (tempat tidur gantung) yang terdapat di halaman rumah mereka yang luas. "Adik perempuan saya yang bungsu, membuat sendiri rumah pohon. Dan, karena itu kami, yang lain, ikut membuat rumah pohon masing-masing".
Setelah istri pertamanya meninggal, Baron von Trapp pada 1927 menikahi Maria Kutschera, biarawati yang tadinya menjadi pengasuh dan pengajar anak-anaknya.
Keluarga von Trapp, yang memang senang bernyanyi dan memainkan alat-alat musik bersama-sama. Ternyata kegemaran mereka itu pulalah yang bisa menyelamatkan mereka ketika pada 1935 terjadi krisis ekonomi.
Maria von Trapp bernyanyi bersama anak-anak di depan rumah keluarga von Trapp di Salzburg

Seorang penyanyi opera yang terkesan ketika mendengar keluarga ini bernyanyi di sebuah taman, mengikut sertakan mereka dalam suatu lomba nyanyi. Segera sesudah itu, paduan suara keluarga von Trapp mendapat undangan untuk bernyanyi berkeliling Eropa, dan akhirnya ke Amerika Serikat.

Undangan menyanyi ke Amerika pada akhir tahun 1930-an itu, bagi keluarga von Trapp, merupakan suatu kesempatan yang tidak terduga bagi keluarga ini. Sebab, biaya untuk ke Amerika ini semuanya ditanggung oleh rezim Nazi, yang waktu itu menguasai Austria. Padahal von Trapp adalah seorang tokoh Austria yang sangat anti Adolf Hitler. Jadilah tiket dari Nazi untuk keluarga von Trapp ini menjadi tiket untuk melarikan diri ke Amerika. Sebab, sejak itu keluarga von Trapp tidak kembali lagi ke Austria. "Ya, bakat bernyanyi keluarga kami itulah yang berhasil menyelamatkan kami dari ancaman Nazi", ujar Maria von Trapp.

Maria juga berkomentar tentang film "Sound of Music". Menurutnya, tokoh Baron von Trapp yang dalam film digambarkan sebagai tokoh ayah yang sangat disiplin dan keras dalam mendidik anak-anaknya, sangat berbeda dengan keadaan sebenarnya. "Ayah kami senantiasa penuh perhatian dan kasih sayang mengasuh kami anak-anaknya. Terutama setelah ibu kandung kami meninggal", katanya.

Dari pernikahan Baron von Trapp dengan Maria Kutschera, lahirlah tiga orang anak.
Keluarga besar ini, di Amerika memilih tinggal di sebuah farm di Vermont, pada 1942. Rumah yang ditinggalkan di Salzburg diambil alih oleh Heinrich Himmler, kepala keamanan Nazi yang terkenal itu sampai 1945. Seusai perang, sebuah ordo misionari mengambil alih rumah itu, dan setuju untuk kemudian menjadikan rumah ini menjadi hotel.
Rumah bersejarah keluarga von Trapp di Salzburg, Austria

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online