Thursday 17 March 2011

Gempa Jepang: 31 Bahasa Petunjuk Praktis Bagaimana Melindungi Diri Saat Gempa

Jepang terbilang amat tanggap soal kesiagaan menghadapi bencana gempa. Bahkan, kesulitan pemahaman bahasa bagi warga non-Jepang ikut menjadi perhatian. Makanya, dalam laman beralamat di http://nip0.wordpress.com, ada 31 bahasa yang bisa dimanfaatkan, termasuk Bahasa Indonesia. Hal itu, sebagaimana warta Kyodo pada Rabu (16/3/2011), merupakan kerja dari para relawan.  

Petunjuk praktis berjudul "Gempa Jepang: Bagaimana untuk Melindungi Diri Anda" tersebut berisi saran-saran praktis seperti pindah ke tempat yang lebih tinggi bila Anda berada di dekat laut dan bagaimana menggunakan layanan pesan darurat serta barang-barang apa yang harus disimpan sebagai persiapan untuk gempa.    

Bahasa-bahasa yang diterjemahkan termasuk bagi kelompok-kelompok kecil di Jepang, seperti Myanmar dan Latvia, juga Jerman, Perancis, China, serta Korea. Penerjemah sukarela tersebut berkumpul sebagai respons atas permintaan yang dibuat dalam situs jejaring sosial Twitter oleh pelajar dari Tokyo University of Foreign Studies.   

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online